PROGRAM PESERTA DIDIK

in





MODUL-3.5
PROGRAM PESERTA DIDIK


PELATIHAN / PENATARAN : KMD



ALAT BANTU


Papan Tulis
POKOK BAHASAN : PROGRAM KEGIATAN

Movie Projector/OHP/Slide Projector
PESERTA DIDIK (PRODIK)

Flip Chart
WAKTU : 3 X 45 MENIT

Lain - lain:
TANGGAL :

SASARAN : Peserta mampu menjelaskan dan menerapkan program
kegiatan peserta didik (Prodik) dalam Kepramukaan




MENIT


GARIS BESAR POKOK BAHASAN


METODE
5'

Pendahuluan :
Kegiatan sebagai proses pendidikan dalam kepramukaan




20'


90'


20'
Inti
1. Pengertian Program Kegiatan peserta didik ( Prodik ) / Youth Programme

2.Cara menyusun Program kegiatan Peserta didik ( Prodik )

3.Cara pelaksanaan Prodik

ceramah


tugas kelompok

curah gagasan


Kesimpulan :- Prodik mutlak diperlukan Pembina dalam upaya untuk meningkatkkan kualitas peserta didik


REFERENSI : Program Kegiatan peserta Didik ( Prodik ), Lemdikanas
CATATAN :

PELATIH

( _______________ )

LP -3.5

PELATIHAN / PENATARAN : KMD


  1. POKOK BAHASAN : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)

  1. SASARAN : Peserta mampu menyusun Prodik dan menerapkannya
kegiatan

3. WAKTU DISKUSI : 60' menit

4. WAKTU LAPORAN : 5' menit



5. ISI PENUGASAN :

1. Susunlah PRODIK selama 1 bulan ( 5 x latihan ) secara terperinci, dengan memperhatikan :
1. Kegiatan harus sesuai dengan kebutuhan / keinginan peserta didik - materi kekinian
2. Penerapan = prinsip dasar kepramukaan
= metode kepramukaan
= kode kehormatan Pramuka
dalam masing - masing kegiatan
3. Dan sebutkan apa sasaran pada masing - masing kegiatan.


Sebutkan PRODIK yang telah disusun tersebut untuk Pramuka golongan apa ( S/G/T/D).

2. Salah satu acara kegiatan, demonstrasikan di depan kelas.


Selamat bekerja !

PELATIH








PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK
( PRODIK)

I. PENDAHULUAN
Kegiatan adalah proses memperkenalkan , menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
a. Kepribadian
b. Pengetahuan dan keterampilan
c. Kecendrungan / keinginan serta kemampuan
dalam mencapai tujuan, terbentuknya manusia yang kreatif, inovatif, pelopor dan mandiri.

II. MATERI POKOK
1. Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) / Youth Programme ialah keseluruhan ( totalitas ) dari apa yang dilakukan Peserta Didik dalam kepramukaan ( aktivitas ), bagaimana aktivitas itu dilaksanakan (metode) dan alasan mengapa aktivitas itu dilaksanakan ( tujuan )
Untuk selanjutnya unsur- unsur Prodik terurai sebagai berikut :
a. Totalitas = meliputi seluruh kegiatan dan pengalaman peserta didik dalam Gerakan Pramuka ; merupakan suatu proses progresif pendidikan dan perkembangan pribadi
b. Apa = mencakup semua aktivitas yang diikuti peserta didik, aktivitas tersebut harus menarik dan menantang peserta didik/ kaum muda
c. Bagaimana = Aktivitas itu dilaksanakan dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among.
d. Mengapa = Merupakan alat untuk mencapai tujuan kepramukaan yang berdasarkan prinsip dasar kepramukaan.

2. Cara menyusun Prodik
  1. Pembina Pramuka menghimpun macam - macam kegiatan yang diinginkan / dikehendaki oleh peserta didik
  2. Pembina bersama peserta didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi yang sudah disepakati (bisa menjadi materi 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan dst)
  3. Pembina meramu materi, kegiatan tersebut dengan Sasaran Strategik Gerakan Pramuka, Prinsip dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka serta dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, menjadi kegiatan - kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk disajikan.
3 Sasaran Srategik Gerakan Pramuka
a. Sikap Moral Pancasila
- Pengahayatan dan pengamalan Kode kehormatan Pramuka
b. Keterampilan Manajerial
- Kepemimpinan
- Manajemen satuan
- Sumber insani ( Human relation )
- Kehumasan ( Public Relation )
c. Keterampilan kepramukaan
- Keterampilan " Survival "
- Olah raga
- Pengembaraan di alam terbuka
- Pengabdian
d. Keterampilan Tehnologi

4. Cara Pelaksanaan Prodik
  1. Pelaksanaan Prodik oleh Pembina Pramuka hendaklah selalu diciptakan adanya bekerja secara kemitraan dengan peserta didik.
  2. Prodik yang bermutu yang menarik kaum muda peserta didik dan sesuai dengan kepentingan Masayarakat akan mendorong kamu muda lainya untuk berpartisipasi.
  3. Prodik harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.
  4. Prodik hendaklah di dukung adanya peralatan yang memadai dan sesuai.
  5. Prodik harus bernuansa : modern, bermanfaat dan taat pada Kode Kehormatan Pramuka

III. PENUTUP
1. Dengan adanya Prodik, berarti ;
  1. Kegiatan kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman.
  2. Kegiatan kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan dengan keagiatan yang sedang menjadi kegemaran peserta didik .
  3. Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sangat baik karena kegiatannya mempunyai nilai kreatif dan rekreatif.

2. Keterlibatan peserta didik dalam menyusun Prodik hukumnya mutlak, Prodik tanpa melibatkan peserta didik dalam menyusunnya tidak dijamin akan bernilai sebagai media pendidikan. Dengan melibatkan peserta didik dalam penyusunan PRODIK, peserta didik diperankan sebagai subjek pendidikan, sehingga program yang tersajikan akan dengan senang hati dilaksanakan karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

KEPUSTAKAAN
1. AD & ART Gerakan Pramuka. (Kepres RI No. 24 Th 2009 & Kep Kakwarnas No. 103 Th 2009). Kwarnas. Jakarta. 2009
2. Rencana Strategik Gerakan Pramuka, Panca Karsa Utama, Tahun 1999 - 2004. Kwarnas. Jakarta. 1999
3. Youth Programme : The World Programme Policy. Wsb. Genewa. 1991.
4. Atmasulistya, Endy R. Drs. H. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Gerakan Pramuka. Kwarnas. Jakarta.


This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow SORA on Twitter or read the blog.

0 komentar:

Follow us

Follow us

our email

our email

indo scout

indo scout

world scout

world scout

Top5 Events

Special offer

Contact us