PROGRAM
PESERTA DIDIK
PELATIHAN
/ PENATARAN : KMD
|
ALAT BANTU
|
|
Papan Tulis
|
||
POKOK BAHASAN : PROGRAM
KEGIATAN
|
Movie Projector/OHP/Slide
Projector
|
|
PESERTA DIDIK (PRODIK)
|
Flip Chart
|
|
WAKTU :
3 X 45 MENIT
|
Lain - lain:
|
|
TANGGAL :
|
||
SASARAN : Peserta mampu menjelaskan dan
menerapkan program
kegiatan peserta
didik (Prodik) dalam Kepramukaan
|
MENIT
|
GARIS
BESAR POKOK BAHASAN
|
METODE
|
5'
|
Pendahuluan
:
Kegiatan
sebagai proses pendidikan dalam kepramukaan
|
|
20'
90'
20'
|
Inti
1. Pengertian Program Kegiatan peserta didik (
Prodik ) / Youth Programme
2.Cara menyusun Program kegiatan Peserta didik (
Prodik )
3.Cara pelaksanaan Prodik
|
ceramah
tugas
kelompok
curah
gagasan
|
Kesimpulan :- Prodik mutlak diperlukan Pembina dalam
upaya untuk meningkatkkan kualitas peserta didik
|
||
REFERENSI
: Program Kegiatan peserta Didik ( Prodik ), Lemdikanas
|
||
CATATAN
:
|
PELATIH
(
_______________ )
|
LP -3.5
PELATIHAN
/ PENATARAN : KMD
kegiatan
3.
WAKTU DISKUSI : 60' menit
4.
WAKTU LAPORAN : 5' menit
|
5.
ISI PENUGASAN :
1. Susunlah PRODIK selama 1 bulan ( 5 x latihan )
secara terperinci, dengan memperhatikan :
1. Kegiatan harus sesuai dengan kebutuhan / keinginan
peserta didik - materi kekinian
2. Penerapan = prinsip dasar kepramukaan
= metode kepramukaan
= kode kehormatan Pramuka
dalam masing - masing kegiatan
3. Dan sebutkan apa sasaran pada masing - masing
kegiatan.
Sebutkan PRODIK yang telah disusun tersebut untuk
Pramuka golongan apa ( S/G/T/D).
2. Salah satu acara kegiatan, demonstrasikan di
depan kelas.
Selamat
bekerja !
PELATIH
|
PROGRAM
KEGIATAN PESERTA DIDIK
(
PRODIK)
I. PENDAHULUAN
Kegiatan adalah proses memperkenalkan , menumbuhkan,
membimbing dan mengembangkan :
a. Kepribadian
b. Pengetahuan dan keterampilan
c. Kecendrungan / keinginan serta kemampuan
dalam mencapai tujuan, terbentuknya manusia yang
kreatif, inovatif, pelopor dan mandiri.
II. MATERI POKOK
1. Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) / Youth
Programme ialah keseluruhan ( totalitas ) dari apa yang dilakukan
Peserta Didik dalam kepramukaan ( aktivitas ), bagaimana aktivitas
itu dilaksanakan (metode) dan alasan mengapa aktivitas itu
dilaksanakan ( tujuan )
Untuk selanjutnya unsur- unsur Prodik terurai sebagai
berikut :
a. Totalitas = meliputi seluruh
kegiatan dan pengalaman peserta didik dalam Gerakan Pramuka ;
merupakan suatu proses progresif pendidikan dan perkembangan pribadi
b. Apa = mencakup semua
aktivitas yang diikuti peserta didik, aktivitas tersebut harus
menarik dan menantang peserta didik/ kaum muda
c. Bagaimana = Aktivitas itu dilaksanakan
dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem
among.
d. Mengapa = Merupakan alat untuk
mencapai tujuan kepramukaan yang berdasarkan prinsip dasar
kepramukaan.
2. Cara menyusun Prodik
- Pembina Pramuka menghimpun macam - macam kegiatan yang diinginkan / dikehendaki oleh peserta didik
- Pembina bersama peserta didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi yang sudah disepakati (bisa menjadi materi 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan dst)
- Pembina meramu materi, kegiatan tersebut dengan Sasaran Strategik Gerakan Pramuka, Prinsip dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka serta dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, menjadi kegiatan - kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk disajikan.
3 Sasaran Srategik Gerakan Pramuka
a. Sikap Moral Pancasila
- Pengahayatan dan pengamalan Kode kehormatan Pramuka
b. Keterampilan Manajerial
- Kepemimpinan
- Manajemen satuan
- Sumber insani ( Human relation )
- Kehumasan ( Public Relation )
c. Keterampilan kepramukaan
- Keterampilan " Survival "
- Olah raga
- Pengembaraan di alam terbuka
- Pengabdian
d. Keterampilan Tehnologi
4. Cara Pelaksanaan Prodik
- Pelaksanaan Prodik oleh Pembina Pramuka hendaklah selalu diciptakan adanya bekerja secara kemitraan dengan peserta didik.
- Prodik yang bermutu yang menarik kaum muda peserta didik dan sesuai dengan kepentingan Masayarakat akan mendorong kamu muda lainya untuk berpartisipasi.
- Prodik harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.
- Prodik hendaklah di dukung adanya peralatan yang memadai dan sesuai.
- Prodik harus bernuansa : modern, bermanfaat dan taat pada Kode Kehormatan Pramuka
III. PENUTUP
1. Dengan adanya Prodik, berarti ;
- Kegiatan kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman.
- Kegiatan kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan dengan keagiatan yang sedang menjadi kegemaran peserta didik .
- Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sangat baik karena kegiatannya mempunyai nilai kreatif dan rekreatif.
2. Keterlibatan peserta didik dalam menyusun Prodik
hukumnya mutlak, Prodik tanpa melibatkan peserta didik dalam
menyusunnya tidak dijamin akan bernilai sebagai media pendidikan.
Dengan melibatkan peserta didik dalam penyusunan PRODIK, peserta
didik diperankan sebagai subjek pendidikan, sehingga program yang
tersajikan akan dengan senang hati dilaksanakan karena sesuai dengan
apa yang mereka inginkan.
KEPUSTAKAAN
1. AD & ART Gerakan Pramuka. (Kepres RI No. 24 Th
2009 & Kep Kakwarnas No. 103 Th 2009). Kwarnas. Jakarta. 2009
2. Rencana Strategik Gerakan Pramuka, Panca Karsa Utama,
Tahun 1999 - 2004. Kwarnas. Jakarta. 1999
3. Youth Programme : The World Programme Policy. Wsb.
Genewa. 1991.
4. Atmasulistya, Endy R. Drs. H. Pengembangan Sumber
Daya Manusia Dalam Gerakan Pramuka. Kwarnas. Jakarta.
0 komentar: