JAMBORE CABANG WONOSOBO KE - 2

in


PETUNJUK PELAKSANAAN
JAMBORE CABANG TAHUN 2013
KWARTIR CABANG WONOSOBO


  1. NAMA KEGIATAN
Jambore Cabang Tahun 2013 Kwartir Cabang Wonosobo kemudian disingkat “JAMCAB 2013”


  1. THEMA DAN MOTTO
Thema : “ Gembira, Kreatif, dan Berkarakter”
Motto : “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”


  1. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu pelaksanaan : Desember 2013
Tempat Kegiatan : Stadion Kalianget


  1. PESERTA
  1. Peserta JAMCAB merupakan Pramuka Penggalang dengan jumlah regu minimal 8 dan maksimal 10 orang.
  2. Minimal Penggalang Ramu
  1. PERSYARATAN
    1. PESERTA
      1. Menyerahkan surat mandat dari Kwartir Ranting, Regu Putra dan regu Putri dipisahkan.
      2. Menyerahkan biodata peserta
      3. Menyerahkan pasfoto ukuran 3x4 berseragam pramuka tanpa tutup kepala, sebanyak 2 lembar langsung ditempel pada biodata peserta.
      4. Memiliki dan menyerahkan foto copy SKU
      5. Memiliki dan menyerahkan foto copy SKK
      6. Memiliki dan menyerahkan foto copy KTA Pramuka
      7. Menyerahkan 1 set Alat Tulis ( 1 buku Tulis & 1 bolpoin)


    1. REGU
      1. Regu Penggalang murni/asli dari satu Gugus Depan yang diperkuat dengan surat mandat dari gugus depan.
      2. Menyerahkan surat Tugas dari Kwarran masing-masing
      3. Beranggotakan maksimal 10 orang Pramuka Penggalang dengan didampingi oleh 1 Pembina Pendamping
      4. Membayar Fee peserta sebesar Rp. 200.000, -/ regu
      5. Menyerahkan 2 buah tanaman keras siap tanam.






    1. BINDAMPING
      1. Mengisi dan menyerahkan biodata peserta
      2. Memiliki surat tugas dari Ka. Mabigus
      3. Menyerahkan surat mandat dari Kwartir Rantinnya.
      4. Memiliki dan menyerahkan foto copy KTA dan Asuransi yang masih berlaku.


  1. KEGIATAN
  1. Umum
Kegiatan Jambore Cabang 2013 dititikberatkan pada pengembangan diri peserta dalam aspek mental, spiritual, fisik, intelektual, dan sosial, baik sebagai individu, sebagai anggota masyarakat, maupun sebagai warga negara.
Penyelenggaraan kegiatan Jambore Cabang 2013 menggunakan pendekatan yang beragam, sehingga peserta lebih dapat merasakan, mempelajari, menghayati, dan mendalami materi yang dihadapi. Kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan muatan materi yang terkandung didalamnya, dengan harapan peserta Jambore Cabang 2013 mendapatkan beragam kegiatan sebagai penambah bekal pengalaman dalam proses pembentukan jatidirinya.
  1. Jenis Kegiatan
    1. Kegiatan Umum
  1. Kegiatan keagamaan.
  2. Kegiatan upacara dan apel.
  3. Kegiatan olahraga - senam Pramuka.
  4. Permainan Besar Penggalang
  5. Api unggun.
  6. Bumbung Pramuka Peduli.

    1. Kegiatan Pendidikan dan Seni Budaya
  1. Rembug Penggalang
  2. Ceramah Umum
  3. Penyuluhan KRR
  4. Penyuluhan Lalu Lintas
  5. Penyuluhan Narkoba
  6. Pentas Seni Kontingen
  7. Pemutaran dan Resensi Film
  8. Permainan Tradisional
  9. Pentas Seni Api Unggun
  10. Vocal Group Lagu Perjuangan
  11. Workshop Pembina Pendamping

    1. Kegiatan Scouting Skills
  1. Pionering
  2. Penjelajahan
( Sandi, Halang Rintang, Menaksir, Pemetaan, P3K)
  1. KIM
  2. Yel – yel Pramuka
  3. Langkah Pramuka
  4. PBB dan Kolone Tongkat

    1. Kegiatan Ketrampilan
  1. Kerajinan Anyaman
  2. Dekorasi Janur
  3. Fotografi digital
  4. Jurnalistik – Reportase
  5. Kewirausahaan
  6. Pengolahan Limbah
    1. Kegiatan Petualangan
  1. Mendaki Gunung
  2. Pengembaraan Hutan
  3. Penjelajahan Bersepeda – Mountain Bike
  4. Orientering
  5. Out Bond
  6. Penanggulangan Bencana

    1. Kegiatan Bakti
  1. Sanitasi Masyarakat
  2. Reboisasi
  3. Bantuan Alat Pendidikan
  4. Korve

  1. Alokasi Waktu Kegiatan Harian

No
Waktu
Kegiatan
1
04.30 – 07.00
Bangun pagi, Kegiatan Kerokhanian, Kegiatan Olah Raga, Kegiatan Pribadi, Apel Pagi
2
07.00 – 08.00
Persiapan menuju tempat kegiatan
3
08.00 – 12.00
KEGIATAN PAGI
4
12.00 – 14.00
Istirahat , Kegiatan Kerokhanian, Kegiatan Pribadi
5
14.00 _ 17.00
KEGIATAN SIANG
6
17.00 _ 19.00
Apel Sore, Kegiatan Kerokhanian, Kegiatan Pribadi
7
19.00 – 22.00
KEGIATAN MALAM

  1. Akomodasi Kegiatan
  1. Peserta diwajibkan membawa peralatan dan perbekalan kegiatan sesuai dengan jenis kegiatan yang diikuti.
  2. Khusus untuk kegiatan-kegiatan di luar camp.
  3. Konsumsi peserta selama di arena perkemahan disiapkan oleh peserta dengan penyediaan natura/bahan makanan melalui pengelolaan pasar tradisional di sekitar Bumi Perkemahan.

E. Administrasi dan Mekanisme Kegiatan
1. Administrasi Kegiatan
a. Masing-masing peserta selama mengikuti kegiatan Jambore Cabang 2013 akan mendapatkan kelengkapan administrasi kegiatan berupa :
      1. Kartu Tanda Peserta (ID card)
      2. Buku Peserta Kegiatan Jambore Cabang 2013
      3. Sticker Kegiatan sebagai bukti keikutsertaan dalam kegiatan yang akan ditempel di belakang Kartu Kegiatan Peserta
b. Masing-masing regu akan mendapat nomor kode tapak perkemahan dengan penyusunan sebagai berikut :
x = Kempa/ kempi (1 = perkemahan putera ; 2 = perkemahan puteri)
x = Nomor Satuan (1 – 9)
x = Nomor Kapling/ Tenda (1 – 4)
x = Nomor Peserta
Contoh : 1.1.1.1.1 Juknis Jambore Cabang 2013
2. Mekanisme Kegiatan
  1. Pelaksanaan kegiatan dapat dikelompokkan kedalam tiga bentuk pengelolaan :
  1. Kegiatan Perkemahan ; yaitu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara rutin di arena perkemahan seperti kegiatan keagamaan, olah raga, upacara dan apel, anjangsana, kunjungan pameran.
  2. Kegiatan Rotasi ; yaitu meliputi kegiatan Scouting Skills, Ketrampilan, Petualangan dan Bakti.
  3. Kegiatan Non Rotasi ; yaitu meliputi kegiatan pendidikan dan seni budaya serta kegiatan khusus.

  1. Penyelenggaraan kegiatan Jambore Cabang 2013 diatur berdasarkan jumlah peserta, jumlah kegiatan dan waktu pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pendekatan sistem rotasi
  2. Di masing-masing kelompok Kegiatan Rotasi terdapat berbagai kegiatan sesuai kelompoknya. Berdasarkan musyawarah anggota dalam regu, masing-masing anggota diperbolehkan memilih sendiri jenis kegiatan yang diminatinya. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat menyalurkan minat sesuai jenis kegiatan yang disediakan.
  3. Setiap anjungan kegiatan dibatasi jumlah daya tampungnya.
  4. Jadwal kegiatan rotasi dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB, kecuali kegiatan Petualangan. Sehingga peserta memiliki waktu cukup untuk melaksanakan free time activity pada sore hari.
  5. Dalam mengikuti kegiatan Jambore Cabang 2013, khususnya kegiatan rotasi, peserta diwajibkan memperlihatkan Kartu Tanda Peserta (ID card) dan menunjukkan Kupon kegiatan yang akan diikuti.
  6. Setelah mengikuti kegiatan, peserta akan memperoleh sticker kegiatan yang ditempel di belakang Kartu Kegiatan Peserta sebagai bukti telah mengikuti kegiatan rotasi.

F. Bukti Mengikuti Kegiatan
  1. Setiap peserta akan memperoleh kartu kegiatan yang telah disusun oleh Panitia Pelaksana dan dibagikan saat daftar ulang.
  2. Setiap mengikuti kegiatan, peserta diwajibkan membawa tanda peserta (Id Card)
  3. Petugas akan menempelkan stiker kegiatan di lokasi dimana kegiatan tersebut berlangsung sesuai dengan kode yang ada di kolom kartu kegiatan peserta.
  4. Sedangkan untuk seluruh jenis kegiatan kebersamaan dan kegiatan umum, peserta akan mendapatkan stempel dan tanda tangan dari aparat pemerintahan.

G. Tanda Ikut Serta Kegiatan
Tanda ikut serta kegiatan (TISKA) merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada peserta kegiatan Jambore Cabang 2013 atas apresiasi dan prestasinya dalam mengikuti rangkaian kegiatan.
Disamping TISKA diberikan juga piagam penghargaan untuk seluruh peserta, dan Piagam kejuaraan untuk Juara-juara kegiatan yang dilombakan.


  1. PERLENGKAPAN
    1. Perlengkapan Pribadi
  1. Seragam Pramuka lengkap
  2. Pakaian Olahraga
  3. Pakaian Lapangan
  4. Obat-Obatan Pribadi
  5. Jaket / Baju Hangat,
  6. Mantol / Ponco,
  7. Tongkat, Tali,
  8. Sleppingbag/Kantong Tidur
  9. Alat tulis
  10. Alat Mandi
  11. Alat Makan dan Minum
  12. Kusus Putri Agar Membawa Celana panjang /Kulot
  13. Lain-lain sesuai kebutuhan pribadi.


    1. Perlengkapan Regu
  1. Tenda dan perlengkapannya
  2. Alat Masak
  3. Bendera Regu ,Gugus Depan, Kwarran, Pandu Dunia, Merah Putih
  4. Kompas
  5. Meja jalan
  6. Alat Penerangan
  7. PPPK Lengkap
  8. Lain-lain sesuai kebutuhan Regu.


  1. PENUTUP
Demikian petunjuk Pelaksanaan ini di disusun untuk dapat dijadikan bahan dalam penyiapan peserta didik, hal-hal lain yang belum diatur dalam Petunjuk Pelaksanaan ini, akan diatur kemudian dalam Petunjuk Temu Teknis dan Temu Teknis Jambore Cabang Tahun 2013.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan pada kita semua, sehingga dapat memberikan setitik bakti pada nusa dan bangsa melalui wadah Gerakan Pramuka.


Selamat memandu !!!
Wonosobo, September 2013























LOGO JAMBORE CABANG





























This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow SORA on Twitter or read the blog.

0 komentar:

Follow us

Follow us

our email

our email

indo scout

indo scout

world scout

world scout

Top5 Events

Special offer

Contact us